Bupati Kampar H. Ahmad Yuzar, S.Sos., MT menerima kunjungan Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau dalam kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan Kepatuhan atas Belanja Pemerintah Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2025. Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Kampar, Senin, 03 November 2025.
Bupati Kampar didampingi Wakil Bupati Kampar Hj. Misharti, S.Ag., M.Si, dihadiri oleh Inspektur Pembantu V Inspektorat Kab. Kampar, serta sejumlah pejabat perangkat daerah. Entry meeting ini menjadi tahap awal pelaksanaan pemeriksaan rutin BPK terhadap pengelolaan belanja daerah dan penggunaan anggaran oleh Pemerintah Kabupaten Kampar dan instansi terkait lainnya.
Dalam sambutannya, Bupati Ahmad Yuzar menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pemeriksaan tersebut dan menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Kampar untuk mendukung penuh semua proses pemeriksaan.
“Kami menyambut baik kehadiran tim BPK di Kabupaten Kampar. Pemeriksaan ini merupakan langkah penting untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. Pemerintah Kabupaten Kampar siap menyediakan seluruh data dan dokumen yang dibutuhkan,” ujar Bupati.
Bupati juga berharap pemeriksaan BPK dapat memberikan arahan konstruktif, terutama terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar dapat dikelola lebih profesional dan memberikan kontribusi optimal terhadap pendapatan asli daerah.
“Kami berharap BPK dapat memberikan masukan dan pembinaan dalam upaya menyehatkan BUMD di Kabupaten Kampar sehingga kinerjanya semakin baik,” tambahnya.
Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau menjelaskan bahwa entry meeting bertujuan untuk menyampaikan ruang lingkup, tujuan, dan jadwal pemeriksaan kepatuhan atas belanja tahun anggaran 2025. Pemeriksaan ini fokus pada peningkatan efisiensi penggunaan anggaran, efektivitas pelaksanaan program, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.
BPK juga menegaskan bahwa pemeriksaan tahun ini diharapkan membantu pemerintah daerah memperkuat tata kelola keuangan dan mendorong peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.
